Memuat...
Sharing was asked to all visitors, to create an account on each banner below, as you will receive a commensurate fee.

Sharing

↑ Grab this Headline Animator Bonus Here

BATU LUBANG ATAU TEROWONGAN SIBOLGA

Batu lubang atau terowongan Sibolga. Pada kilometer 9 dari arah Kotamadya Sibolga menuju Medan, terdapat dua buah Batulubang atau terowongan yang harus dilalui. Batulubang adalah bahasa batak yang hingga kini terowongan tersebut jarang menggunakan kata terowongan, karena kata batulubang sudah menjadi seperti nama yang dipatenkan kepadanya, sehingga baik dari suku dan bangsa apapun yang bertanya, namanya tetap Batulubang.
Batulubang atau dalam bahasa indonesianya Terowongan ini terletak di Kaki Bukit sekitar 9 kilometer menjelang Kotamady Sibolga dari arah Medan. Batulubang ini adalah satu-satunya akses darat yang harus dilalui  lintas barat dari Kota Medan menuju Kotamadya Sibolga. Batulubang ini menembus gunung batu yang ada disana, sehingga membentuk sebuah goa lintasan yang dapat dilalui kenderaan. Batu lubang ini ada dua buah, yang kedua-duanya agak berdampingan, dan diatasnya mengalir aliran sungai yang lumayan deras, menambah aroma mistis didaerah batulubang tersebut. Batulubang yang pertama memiliki panjang hanya sekitar lima meter, yang sekelilingnya terdiri dari batu, dan diatasnya mengalir aliran sungai. Dan batulubang yang kedua, sedikit agak panjang, dan memiliki tikungan didalamnya, sehingga membuatnya lebih seram dari batulubang yang pertama.

Menurut ceritanya, proses pembuatan batulubang ini dulunya dikerjakan oleh pemerintahan Jepang, dengan mempekerjakan Masyarakat Indonesia itu sendiri dengan sistem Romusha atau kerja paksa. Ribuan orang meregang nyawa dalam proses pembuatan batu lubang ini, karena memang cara kerjanya adalah memahat batu gunung dengan cara manual sehingga membentuk sebuah lobang, yang diameternya dapat dilalui oleh kenderaan.
Sekitar batulubang ini terkenal daerah yang memiliki aroma mistis yang sangat kuat. Sudah tidak terbilang lagi jumlah kenderan yang menjadi korban lalu lintas diarea ini, yaitu jatuh kedalam jurang yang berkedalaman sekitar 70 meter. Selain aspal yang tidak bisa awet karena kontur tanah yang labil, sempitnya jalan juga menjadi faktor yang selalu menjadi penyebab terjadinya terjun bebas dari tempat ini.
Jika anda para pembaca Sharing ingin bertamasya kewilayah Sumatera Utara, Khususnya ke Kotamadya Sibolga, anda akan melalui batulubang ini dan anda akan merasakan aroma mistis yang sangat kuat disana.
Key: Batulubang, Terowongan, Batulubang Sibolga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sharing and Share menghargai dan menghormati persaudaraan sesama blogger dan netter. Untuk itu, Anda dapat memberikan komentar, asal dalam kaidah dan tatakrama yang santun dan bermoral. Setiap komentar yang mengandung sara, provokasi, dan perkataan yang membuat perasaan tidak senang, akan dihapus oleh Admin.
Jika anda adalah pengunjung yang memiliki BLOG atau SITUS, disarankan untuk mengganti profil anda di "Beri komentar Sebagai" dan loginlah di BLOG atau SITUS anda, agar ADMIN bisa melakukan Kunjungan balik ke SITUS atau BLOG anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Welcome to ardhynathaprawira.blogspot.com
go to my homepage
Go to homepage